4 Jenis Kertas untuk Membuat Kemasan Makanan

jenis kertas

Kemasan makanan menjadi hal penting dalam penjualan makanan. Dengan kemasan yang menarik, tentunya makanan akan banyak yang beli. Pada umumnya, kemasan tersebut terbuat dari plastik.

Bahan plastik menjadi kemasan karena praktis. Namun, plastik memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Jika plastik untuk membungkus makanan yang panas dapat memicu kanker. Kemasan plastik juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain, seperti gangguan sistem saraf hingga radang paru-paru.

Kemasan plastik juga berdampak buruk bagi lingkungan. Sampah plastik adalah sampah yang tidak mudah terurai di lingkungan. Selain itu, jika sampah kemasan plastik dibuang sembarangan apalagi di sungai dapat menyebabkan berbagai bencana.

Kemasan Makanan dari Kertas

Karena kemasan plastik memicu beberapa masalah, muncullah kemasan kertas. Kemasan makanan dari kertas biasanya berbentuk box atau kotak. Beberapa makanan sering dibungkus dengan box atau kotak dari kertas.

kemasan makanan

Tidak semua jenis kertas dapat menjadi kotak makanan. Ada kriteria tertentu untuk bisa menjadi kemasan. Berikut ini adalah beberapa jenis kertas yang sering menjadi bahan untuk membuat kemasan.

  • Ivory

Jenis kertas ini aman menjadi tempat makanan. Selain aman, ivory yang termasuk kertas coated ini juga cenderung lebih kokoh. Dengan demikian, makanan yang berat bisa terbungkus dengan aman. Tidak hanya kekuatannya saja yang menjadi andalan, ivory juga punya penampilan yang elegan. Tidak mengherankan beberapa produk makanan ternama, seperti kue-kuean, memilih ivory sebagai pembungkusnya.

  • Duplex

Kertas ini memiliki dua sisi yang satu sisi berwarna putih, satunya berwarna abu-abu. Sisi yang berwarna putih untuk bagian luar biasanya ada tambahan desain jika menginginkannya. Sementara itu, sisi yang warna abu-abu untuk bagian dalam. Jenis kertas ini sudah umum menjadi kemasan untuk berbagai makanan, mulai dari nasi hingga kue dan roti.

  • Kraft

Kraf sudah umum menjadi bahan dalam membuat berbagai jenis kotak atau kardus. Jenis kertas ini juga bisa menjadi tempat makanan. Jenis kertas ini sangat cocok untuk membungkus makanan yang kering. Kertas ini juga cukup kuat dan aman.

  • Greaseproof

Kertas greaseproof memiliki daya tahan tinggi terhadap lemak dan minyak. Maka dari itu, kertas jenis ini cocok untuk makanan yang berminyak dan berlemak. Kemasan dari greaseproof biasanya untuk mengemas makanan gorengan.

Itulah beberapa jenis kertas yang sering menjadi bahan pembuat kotak makanan. Jika Anda menginginkan kemasan yang berkualitas dan menarik Anda bisa memesannya di KubikBox. Pemesanan bisa dilakukan dengan menghubungi customer service. Ayo, dapatkan kemasan menarik untuk makanan Anda.